Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam

  • Christianingrum Christianingrum
  • Darman Saputra
  • Yusuf Yusuf
  • Daniyal Ulyana
Keywords: Bangka, Pelatihan, UMKM, Digitalisasi, Brand, Logo.

Abstract

UMKM di Bangka Belitung merupakan tulang punggung penghasilan Bangka Belitung
selain dari hasil tambangnya. Tapi disisi lain tantangan yang tidak mudah dihadapi UMKM
Bangka Belitung terkhusus kecamatan Air Itam. Banyak permasalahan dan kendala bagi UMKM
dalam mengembangkan perannya dalam bersaing dan membedakan produk yang dijual dengan
produk yang dari luar Bangka Belitung. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan Pengabdian
Kepada Masyarakat (PKM) untuk mengatasinya. Kegiatan PKM telah dilaksanakan kepada para
pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Air
Itam Kota Pangkalpinang. Pelatihan pembuatan logo ini menggunakan metode linear strategy
karena urutan pada tahapan perancangan yang sederhana dan relatif sudah dipahami
komponennya. Ada enam tahapan yang harus dilakukan untuk dapat mengembangkan brand
identity dengan cara membuat sebuah logo, tahap metode ini antara lain. (1) kenali ciri khas
produk atau profil usaha milik sendiri; (2) Pengumpulan informasi; (3) Perancangan (4)
Pembuatan Logo; (5) Pengujian; (6) Pengimplementasian. Metode kegiatan fasilitas pembuatan
logo UMKM adalah (1) pemberian materi mengenai logo (2) melakukan survey produk, (3)
penentuan berbagai aspek pembuatan logo, (4) proses pembuatan logo yang dilakukan dengan
diskusi bersama pemilik usaha hingga menghasilkan logo produk dengan nama produk, (5)
pembuatan media pendukung.

Published
2020-11-09