Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal (Studi Kasus: UMKM Gresik, Jawa Timur)
Abstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan sebagai berikut untuk : meningkatkan jumlah
wirausaha yg berkualitas, membudayakan semangat, sikap,perilaku dan kemampuan kewirausahaan yg handal
dan unggul di kalangan masyarakat, pengenalan proses pemasaran yang ada saat ini, pengenalan proses
pemasaran via Google Bisnisku. Luaran yang diharapkan setelah kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah :
1) meningkatnya jumlah wirausaha yg berkualitas, yang sudah dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi, 2)
mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha utk menghasilkan produk yang berkualitas yang
dibutuhkan konsumen, 3) optimalisasi saluran pemasaran yang ada, 4) memahami proses pemasaran via Google
Bisnisku yang dapat meningkatkan omzet penjualan yang akan berdampak pada peningkatan keuntungan. Materi
Google bisnisku (Google My Business) diharapkan konsumen akan mudah menemukan toko kita sehingga
pemasaran produk memiliki jangkauan lebih luas dan berdampak meningkatnya penjualan. Hasil akhir yang
diharapkan, peserta dapat memanfaatkan aplikasi Google bisnisku (Google My Business) sebagai media
pemasaran produk jualan mereka. Dalam pengelolaan Google bisnisku (Google My Business), ulasan yang
menarik, jujur dan terpercaya akan menjadi faktor peringkat yang digunakan Google untuk menampilkan bisnis
kita di hasil pencarian. Oleh karena itu, kita perlu memberikan produk dan pelayanan yang berkualitas agar kita
bisa mendapatkan banyak ulasan yang baik. Dengan begitu, peluang bisnis kita muncul paling atas akan lebih
tinggi. Tanggapan positif kita terhadap ulasan tersebut, akan menambah kepercayaan dari pelanggan. Indikator
keberhasilan pengabdian pada masyarakat adalah : 1)antusiasme peserta dalam melakukan webinar terlihat dari
banyaknya peserta yang mengikuti webinar ini, 2)peserta berhasil termotivasi dengan materi yang ada dengan
adanya ide-ide yang baru yang akan di implementasikan