Analisis Boston Consulting Group Pada Produk Busana Muslim UMKM Azqila Hijrah

  • Adilah Zaidah
  • Bayyinah Nurrul Haq
Keywords: Analisis BCG, UKM, Fesyen busana muslim

Abstract

Industri fesyen muslim merupakan salah satu industri yang berkembang dan menjadi
komoditas ekspor yang besar. Salah satu UKM di bidang fashion islami adalah Azqila Hijrah
(AH). Berdiri pada tahun 2005, UKM ini memproduksi busana muslim seperti Blouse, Dress,
Outer, dan Gamis. Seiring berjalannya waktu, pendiri AH mencoba untuk mulai berhijrah dan
beralih memproduksi busana muslim syari. Perubahan ini membutuhkan evaluasi terhadap
strategi bisnis sebelumnya untuk mendapatkan strategi baru yang lebih sesuai. Teknik analisis
strategi yang dapat diterapkan pada startegi manajemen pengembangan produk adalah dengan
menggunakan analisis Boston Consulting Group (BCG). Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan studi Pustaka. Teknik analisis data dilakukan melalui penghitungan
Tingkat Pertumbuhan Pasar (TPP) dan Pangsa Pasar Relatif (PPR). Selanjutnya dijadikan
koordinat untuk dipetakan ke dalam matriks BCG. Hasilnya adalah Koordinat produk Outer
( 0,66%, 1,68) dan Blouse (0,51%, 1,18), keduanya berada pada posisi cash cow . Strategi yang
dilakukan adalah melakukan harvest, mengurangi investasi. Artinya memberikan keuntungan bagi
perusahaan dan juga mengurangi aliran dana investasi sehingga meringankan beban perusahaan.
Koordinat produk Gamis(0,33% dan 1,44) dan Dress (0,39%, 0,78), keduanya berada pada posisi
Dog. Pilihan strategi nya adalah divestasi penghentian produk atau hal yang dapat menimalisir
potensi rugi bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-11
How to Cite
Zaidah, A., & Nurrul Haq, B. (2020). Analisis Boston Consulting Group Pada Produk Busana Muslim UMKM Azqila Hijrah. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(3), 1-10. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1033