Pengaruh Motivasi Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa

  • Tio Prasetio
  • Reni Hariyani
Keywords: motivasi penggunaan media sosial, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dalam penggunaan media
sosial dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha secara parsial maupun
simultan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur Tahun Akademik 2019/2020. Sampel yang
diambil dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 85 mahasiswa. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif. Analisa data menggunakan software SPSS Versi 22 dengan
analisis korelasi dan regresi berganda. Data penelitian bersumber dari data primer. Hasil
penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel motivasi dalam penggunaan media
sosial berpengaruh secara signifikan dan memiliki korelasi positif yang kuat terhadap minat
berwirausaha dengan nilai signifikansi 0.000. Variabel pengetahuan kewirausahaan
berpengaruh secara signifikan dan memiliki korelasi positif yang kuat terhadap minat
berwirausaha dengan nilai signifikansi 0.000. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan
bahwa motivasi dalam penggunaan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh
secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi 0.000 dengan koefisien
determinasi sebesar 49,6%.

Published
2020-11-11