Pengaruh Nilai Tukar, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Keuangan Terhadap Profitabilitas PT. Unilever Indonesia Tbk

  • Muhamad Syahwildan
  • Tri Sutrisno
Keywords: Profitabilitas, Nilai Tukar, Ukuran Perusahaan, Volume Penjualan, Leverage dan DER

Abstract

Kinerja perusahaan yang baik akan mampu meningkatkan nilai perusahaan, sehingga akan
menarik para investor untuk menginvestasikan uangnya pada perusahaan tersebut. Tujuan
tersebut dapat di capai dengan cara meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh nilai tukar, ukuran perusahaan dan leverage keuangan
terhadap profitabilitas. Nilai tukar dalam penelitian ini adalah nilai tukar rupiah terhadap
Dollar, ukuran perusahaan di ukur dengan volume penjualan/sales, leverage keuangan di
ukur dengan DER, dan profitabilitas di ukur dengan ROA. Penelitian ini di lakukan pada
PT. Unilever Indonesia dengan sampel sebanyak 44 laporan keuangan yang di publikasikan
secara kuartal yang di peroleh melalui metode purposive sampling. Metode analisa data
yang di gunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai
tukar berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, sales berpengaruh Positif signifikan
terhadap ROA, dan DER berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Nilai koefisien
determinasi di peroleh sebesar 88% yang artinya 88% ROA di pengaruhi oleh nilai tukar,
penjualan, dan DER.

Published
2020-11-11