STRATEGI PERSAINGAN DALAM KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN “HYPERCOMPETITIVE ENVIRONTMENT” (Studi kasus : Toko Online Mart.lo.gue)

  • Nafisah Yuliani
  • Diana Novita
Keywords: Strategi Persaingan, Kewirausahaan, Hypercompetitive Environtment

Abstract

Toko online Mart.lo.gue adalah bisnis usaha rumahan yang dibangun pada Bulan Mei 2020. Saat ini Mart.
Lo.gue memproduksi makananan frozen (beku). Mart.lo.gue memproduksi hasil olahan ayam digabung dengan
bumbu racikan alami serta diproses secara higienis menjadi sosis solo. Disamping itu, mart.lo.gue juga
memproduksi hasil olahan rebung ditambah bumbu racikan alami serta poses secara higienis menjadi lumpia rebung.
Dalam membangun suatu usaha, diperlukan manajemen kewirausahaan dan strategi kewirausahaan. Dalam
manajemen kewirausahaan Toko online Mart.lo.gue, menggarap pasar potensial mart.lo.gue yaitu orang- orang yang
rindu pulang ke kampung halaman dan adanya sekumpulan konsumen yang mempunyai minat, penghasilan dan
akses penawaran pasar tertentu terhadap produk makanan khas Solo. Perbaikan proses produksi agar terjaminnya
pelayanan konsumen karena produk yang diminta konsumen selalu tersedia (ready). Berdasarkan hasil omzet
penjualan, maka usaha toko online Mart.lo.gue mempunyai peluang yang besar untuk berkembang dimasa yang
akan datang. Hasil analisis SWOT, strategi potensial untuk pertumbuhan Toko online Mart.lo.gue meliputi: (1)
membuat strategi dalam proses pengemasan barang secara vacum untuk pengiriman jarak jauh. Hal ini berkenaan
dengan banyaknya permintaan barang dari toko online Mart.lo.gue dari luar Jakarta, (2) Untuk mencukupi
banyaknya permintaan barang dari toko online Mart.lo.gue tersebut, perlu ditambah tenaga kerja untuk pengemasan,
(3) dalam hal jaminan makanan yang sehat, tanpa bahan pengawet dan halal, perlu diadakan pendaftran sertifikat
halal dan pengujian kualitas produk ke BPOM, (4) agar diperoleh produk yang terstandar, diperlukan adanya
perbaikan fasilitas, berupa peralatan yang bisa mendukung proses produksi supaya mulai dari tahap persiapan,
pengemasan sampai ke konsumen , kualitas makanan tetep terjaga, (5) untuk memenuhi selera konsumen, toko
Mart.lo gue melakukan survei singkat ke konsumen untuk perbaikan-perbaikan produk berikutnya.

Published
2020-11-11