PERBANDINGAN DAYA SERAP PESERTA PADA PELATIHAN DIGITAL MARKETING SECARA ONLINE DAN OFFLINE BAGI UMKM DI ERA NEW NORMAL

  • Nurina Nurina Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ruwaida Ruwaida Universitas Persada Indonesia - Y.A.I
  • ST Trikariastoto Universitas Persada Indonesia - Y.A.I
Keywords: pelatihan, daya serap, digital marketing, UMKM, online, offline.

Abstract

Saat ini pelatihan secara online bukanlah sesuatu yang aneh, begitu banyak instansi swasta maupun pemerintah yang mengadakan pelatihan – pelatihan mengenai digital marketing secara online. Namun demikian seberapa jauh penyerapan peserta terhadap pelatihan yang diberikan secara online masih belum dapat teridentifikasi dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penyerapan materi oleh para peserta pelatihan yang dilakukan secara offline dengan pelatihan yang dilakukan secara online. Penelitian ini dilakukan kepada 125 orang responden, pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan masalah yang diteliti secara menyeluruh, luas khususnya peningkatan daya serap.
Dari hasil penelitian diketahui penyerapan materi lebih bagus saat pelatihan diberikan secara offline dibandingkan pelatihan yang diberikan secara online. Berbagai sebab yang mengakibatkan penyerapan materi pada pelatihan yang dilakukan online adalah peserta terganggu oleh anggota keluarga yang lain, jaringan yang tidak stabil, dan kesulitan mengikuti pelatihan karena GAPTEK.

Published
2020-11-29