Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty

  • Langgeng Sri Handayani Universitas Pelita Bangsa
  • Rahmat Hidayat Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Dunia kosmetik semakin hari semakin meningkat dengan adanya perkembangan teknologi dan varian yang lebih modern sehingga membuat peningkatan daya beli masyarakat meningkat. Hal ini membuat produsen kosmetik di Indonesia ikut andil dalam bagian brand local kosmetik di Indonesia, karena permintaan meningkat semenjak 2 tahun belakangan yang membuat para pembeli kosmetik dalam negeri semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan produk ms glow beauty. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan populasi mahasiswa/i Universitas Pelita Bangsa. Dalam penilitian ini teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan populasi, yaitu menggunakan Non-Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling.. Dengan hasil koefisien determinasi ganda yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,669 yang menunjukan bahwa X1, X2, dan X3 secara bersama-sama mampu menjelaskan 66,9% variasi Y sedangkan 33,1% variasi Y lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah nilai signifikansi variabel Kualitas Produk (X1) sebesar (0,032), Harga (X2) sebesar (0,015), & Digital Marketing (X3) sebesar (0,000) lebih kecil dari 0,05 artinya signifikan. Lalu, Adjusted R Square sebesar 0,669 memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya signifikan. Signifikansi hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dari setiap variabel independen yaitu kualitas produk (X1), harga (X2), dan digital marketing (X3) terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan (Y). Dan signifikansi hasil pengujian menunjukan pula bahwa terdapat pengaruh secara simultan kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji f yang diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima adapula f hitung sebesar 65,549 > 2,70 dari nilai f tabel.

Published
2021-10-15