Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pembelian rumah di GRAND NUSA INDAH blok j, cileungsi pada PT. KENTANIX SUPRA INTERNASIONAL)

  • Imelda Aprileny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta
  • Inka Imalia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta
  • Jayanti Apri Emarawati Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI
Keywords: Harga, fasilitas, lokasi dan keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, fasilitas dan lokasi
beserta keputusan pembelian properti di Grand Nusa Indah Cileungsi. Perumahan merupakan
kebutuhan dasar dan penting bagi masyarakat, banyak para pengembang perumahan saat ini
sedang gencar melakukan pembangunan di lokasi-lokasi berkembang atau lokasi strategis.
Sehubungan dengan itu, banyak sekali calon pembeli yang membutuhkan informasi perumahan
yang diinginkan dan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing calon pembeli.
Penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling dengan metode analisis jalur SPSS
25.00. Pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan 120 responden. Data analisis menggunakan koefisien determinasi dan pengujian
hipotesis hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh langsung sebagian harga memiliki
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian properti di Grand Perumahan
Nusa Indah Blok J, Cileungsi. Secara parsial, fasilitas memiliki dampak positif dan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian properti di Grand Nusa Perumahan Indah Blok J,
Cileungsi. Secara parsial, lokasi memiliki pengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian properti di Grand Nusa Indah Perumahan Blok J, Cileungsi. Dalam
model/harga simultan, fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan property pembelian di Perumahan Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi sebesar 38%
sedangkan sisanya 62% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Published
2021-11-03