Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Hubungan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan

  • Marwan Effendi STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Andi Primafira Bumandava Eka STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Santi Octavia STIE Manajemen Bisnis Indonesia
Keywords: return on assets, nilai perusahaan, corporate social responsibility

Abstract

Nilai perusahaan menjadi perhatian penting pada saat investor akan melakukan investasi.
Begitu pula Stake holder yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan secara langsung,
Tingkat Pengembalian mencerminkan kinerja keuangan perusahaan yang baik. Tidak hanya baik
secara keuangan, sehingga kekayaan pemegang saham meningkat, tetapi perusahaan dituntut untuk
memberikan manfaat kepada lingkungan sesuai dengan Global Reporting Iniative Standart (GRI
Standart ).
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Kinerja Perusahaan yang diwakili oleh
Return on Asset akan mempengaruhi Nilai Perusahaan jika ada interaksi pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) pada hubungan ROA dengan Nilai Perusahaan dan memberikan
penjelasan tentang bagaimana peran CSR pada hubungan ROA terhadap Nilai Perusahaan pada
perusahaan pertambangan di Indonesia?
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif.
Perhitungan dengan persamaan regresi linier moderasi menggunakan Process Hayes pada SPSS
dan Moderated Regression Analysis diujikan pada sample sebesar 40 data panel meliputi
perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2018 2022 (5 tahun).
Hasil peneltian menjawab adanya interaksi CSR pada hubungan antara ROA dengan Nilai
Perusahaan. Dimana pada perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR , Nilai perusahaan
akan meningkat, sedangkan pada perusahaan yang tidak melakukan pengungkapan CSR, maka
Nilai perusahaan tidak memberikan dampak apapun. Pengungkapan CSR yang paling kuat
mendorong meningkatnya Nilai Perusahaan adalah kategori Kinerja Ekonomi dan Pendekatan
Manajemen. Hal ini mendukung teori Agency bahwa manajemen dapat berperan menjadi agen
perusahaan terlepas dari desakan stakeholder yang tidak sesuai dengan manajer sebagai
pengelola operasional perusahaan. Pada teori Signalling , bahwa pengungkapan CSR memberikan
sinyal yang baik kepada peningkatan Nilai perusahaan, diman baik investor maupun lingkungan
perusahaan akan melihat adanya ciri tersendiri tentang pendekatan manajemen dan kinerja
ekonomi perusahaan pada hubungan tingkat pengembalian, bagaiman asset dapat bekerja
menghasilkan laba.
Penelitian masih belum mengungkapkan tentang kategori CSR lainnya seperti perubahan
iklim, dampak lingkungan, dampak ekonomi lainnya dan sebagainya sesuai dengan Standar GRI
lainnya, sehingga masih terbuka pengembangan penelitian di bidang ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31
How to Cite
Effendi, M., Bumandava Eka, A. P., & Octavia, S. (2022). Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Hubungan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(2), 222-230. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2355