Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner Kelapa Gading, Jakarta Utara

  • Afif Afandi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Estu Mahanani Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi
kewirausahaan, teknologi informasi dan karakteristik kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran
UKM kuliner di Kelapa Gading Jakarta Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data
yang digunakan terdiri dari data primer yaitu sumber data yang langsung memberikan data kepada
pengumpul data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara sedangkan data sekunder adalah
data yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data seperti dari Dinas
Perindustrian, Perdagangan, Usaha Kecil Menengah (PPUKM), perpustakaan, dan jurnal terkait.
Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 80 responden.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis
dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi berganda = -0,075 + 0,495X1 +
0,246X2 + 0,318X3 dengan nilai signifikansi t-hitung lebih besar dari t-tabel dan nilai Fhitung
379,936 lebih besar dari Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi dan
Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner di Kawasan Kelapa
Gading Jakarta Utara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04
How to Cite
Afandi, A., & Mahanani, E. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner Kelapa Gading, Jakarta Utara. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 88-97. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2444