Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi

  • Nafisah Yuliani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Halimah Tunafiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Sri Retnaning Sampurnaningsih Universitas Pamulang
  • Jeni Andriani Universitas Pamulang
  • Desyi Erawati Universitas Tama Jagakarsa
Keywords: Business Model Canvas (BMC), Komunitas Kuliner STII-OK OCE, Tumbuh, Bangkit, Era Digital

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi pengembangan bisnis melalui pendekatan
Business Model Canvas (BMC) agar dapat diterapkan pada UMKM Komunitas Kuliner STII-OK
OCE dalam pengembangan usaha jangka panjang. Data primer diperoleh dari responden UMKM
Komunitas Kuliner STII-OK OCE melalui instrumen googleform dengan skala likert 1-5
menggunakan teknik purposive sampling. Strategi yang ditambahkan dalam Customer segments :
pencinta makanan sehat karena perubahan perilaku konsumen akan berpengaruh terhadap penjualan
suatu produk, Value Propotitions : penggunaan bahan baku yang berkualitas dan higienes,
penambahan inovasi dan kreatifitas dalam proses penyajian dan desain packing. Tersedian
pemesanan dalam bentuk customization. Adanya garansi jika produk yang dihasilkan rusak/cacat.
Channel : pemasaran melalui media sosial dan pemasaran online via aplikasi yang tersedia. Proses
pembayaran bisa menggunakan non cash untuk meminimalkan resiko kontak antara penjual dan
pembeli. Pemasaran berbasis Web bermanfaat agar jangkauan penjualan makin meluas dan makin
dikenal. Customer Relationships : pelayan terbaik buat pelanggan, promo, diskon, giveaway.
Revenue Stream: penjualan online via pemesanan aplikasi gofood dan gojek, pendapatan yang
dihasilkan dari proses pembayaran bertahap atau akibat adanya layanan tambahan. Key resources :
adanya kerjasama dan database pelanggan yang meningkat, tenaga kerja yang kompeten dan
menguasai IT. Key Activities : pengaturan serta pengawasan kegiatan produksi serta adanya
pemecahan masalah dalam usahanya meliputi : pembelian bahan baku, pengolahan bahan baku
menjadi produk jadi, pengemasan produk, pelayanan dalam pengantaran. Key Partnerships :
membangun hubungan baik ini terhadap pemasok bahan baku dan panitia pameran-pameran . Cost
structure : pencatatan yang riil dan real time untuk semua biaya produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04
How to Cite
Yuliani, N., Tunafiah, H., Sampurnaningsih, S. R., Andriani, J., & Erawati, D. (2022). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 148-160. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2450