Hubungan Pengetahuan Fast Fashion Dengan Preferensi Pembelian Konsumen

  • Dewi Suliyanthini Universitas Negeri Jakarta
  • Mahdiyah Mahdiyah Universitas Negeri Jakarta
  • Dian Utari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pengetahuan fast fashion, preferensi pembelian konsumen

Abstract

Penelitian Penelitan ini bertujuan untuk mencari hubungan pengetahuan fast fashion dengan
preferensi pembelian konsumen. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang
dikumpulkan dengan instrumen penelitianberupakuesioner dengan sampel penelitian berjumlah 100
responden usia 17 21 tahun yang tinggal di DKIJakarta.Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan google formulir kemudian dianalisis dengan uji korelasi spearman untuk
mendapatkan hasil hipotesis. Penelitian ini dilakukan selama 12 bulan atau 2 semester. Pengolahan
data menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat pengetahuan konsumen terhadap produk fast
fashion yang terdiri dari atribut produk dan manfaat produk masuk dalam kategori baik yaitu sebesar
74% dan26% lainnya masuk dalam kategori memiliki pengetauhan yang rendah, sedangkan untuk
pembentukan preferensi konsumen dalam pembelian produk fast fashion yang dipengaruhi oleh
pengalaman sebelumnya dan kepercayaan turun temurun masuk dalam kategori tinggi 69% dan
31% lainnya masuk dalam kategori rendah. Hasil analisis data statistik menunjukan nilai signifikasi
pada uji korelasi Pearson yaitu 0,047 atau kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara pengetahuan produk fast fashion dengan preferensi pembelian konsumen pada
penelitian ini, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04
How to Cite
Suliyanthini, D., Mahdiyah, M., & Utari, D. (2022). Hubungan Pengetahuan Fast Fashion Dengan Preferensi Pembelian Konsumen. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 205-214. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2456