Pengaruh Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Mie Ayam Bakso I Love You Di Kabupaten Tangerang

  • Muhammad Raihan Abdillah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Rufial Rufial Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: business location, competitor attractiveness, service quality, customer loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha, daya Tarik pesaing, dan kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada UMKM mie ayam bakso I love you di kabupaten tangerang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode
kuisioner dengan sampel sebanyak 390 orang responden. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan
dengan program SPSS 25.0, diperoleh koefisien determinasi (adjusted r square) sebesar 0,605 artinya
kontribusi variabel lokasi usaha, daya Tarik pesaing, dan kualitas pelayanan terhadap variabel loyalitas
pelanggan sebesar 60,5% dan sisanya sebesar 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan
ke dalam penelitian. Berdasarkan uji t, semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga
semua variabel secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Uji ANOVA (uji F) diperoleh nilai
signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa lokasi usaha, daya tarik pesaing, dan kualitas
pelayanan secara Bersama sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada UMKM mie
ayam bakso I love you cabang citra raya square 2, desa cikupa, kabupaten tangerang.
Kata kunci: lokasi usaha, daya Tarik pesaing, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04
How to Cite
Abdillah, M. R., & Rufial, R. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Mie Ayam Bakso I Love You Di Kabupaten Tangerang. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 225-235. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2458