Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran dan Modal Usaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi UMKM Kuliner Wilayah Kecamatan Tanjung Priok - Jakarta Utara)

  • Sumari Sumari Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Jihan Amelia Putri Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran , Modal Usaha, Keberhasilan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, dan Modal Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Tanjung Priok - Jakarta Utara. Pengelolaan data digunakan progam SPPS Versi 25.0 dengan sampel yang digunakan sebanyak 76 responden menggunakan rumus slovin. Pada hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran dan Modal Usaha baik secara parsial maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Keberhasilan Usaha. Dari uja beta diketahui bahwa Karakteristik Kewirausahaan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Keberhasilan Usaha. Berdasarkan analisis Koefisien determinasi (Adjust R Square) menunjukkan bahwa Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran dan Modal Usaha dapat menjelaskan sebesar 84,5% terhadap Keberhasilan Usaha, sementara sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-03
How to Cite
Sumari, S., & Putri, J. A. (2022). Karakteristik Kewirausahaan, Strategi Pemasaran dan Modal Usaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi UMKM Kuliner Wilayah Kecamatan Tanjung Priok - Jakarta Utara). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 304-314. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/2636