Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen Alfamart Kelapa Tiga Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan)

  • Muhamad Asep Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Alfamart

Abstract

Persaingan bisnis semakin ketat, membuat pebisnis bersaing menetapkan strategi pemasaran yang unik. Salah satu cara yang harus dilakukan oleh Alfamart Kelapa Tiga Raya, Jagakarsa dalam menjaga kualitas pelayanan (service) yang baik, menyenangkan dan ramah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen Alfamart Kelapa Tiga Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan). Menggunakan Variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Desain penelitian menggunakan Paradigma positivism, pendekatan kuantitaif, sifat eksplanatif dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini Pelanggan Alfamart yang tidak diketahui jumlahnya dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan nilai 10% diperoleh 88 orang sampel penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (kualitas pelayanan) dengan variabel Y (kepuasan konsumen), karena koefisien korelasi adalah positif dan signifikan. Oleh karena itu dapat dikatakan semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-03
How to Cite
Asep, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen Alfamart Kelapa Tiga Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan). IKRAITH-EKONOMIKA, 6(1), 229-236. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/2810