Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Original Kopi Di Gerai Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang

  • Tomi Subagja Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Endang M. Sasmita Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Bida Sari Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Konsumen

Abstract

Bisnis kopi pada masyarakat Bangka Belitung di daerah Pangkalpinang menjadi usaha
yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, promosi, dan
harga terhadap keputusan pembelian konsumen “Original Kopi” di Gerai Kacang Pedang, Kota
Pangkalpinang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian
asosiatif kausal dan pengumpulan data dengan kuesioner. Penentuan sampel secara non-probability
sampling dengan teknik accidelntal sampling sebanyak 100 responden. Pengolahan data
menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan software Smart-PLS 4 untuk
menguji outer dan inner model persamaan regresi berganda. Hasil penlitian uji hipotesis
berdasarkan nilai t-statistic dan nilai p-value menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan
harga diterima secara signifikan berpengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian “Original
Kopi”. Kualitas produk, promosi dan harga dapat menjelaskan variabilitas keputusan pembelian
konsumen original kopi di Gerai Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang sebesar 67,3%, sisanya
sebesar 32,7 % merupakan kontribusi faktor lain diluar penelitian ini.


Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi, Harga, Keputusan Konsumen

Published
2024-03-01