Analisis Terhadap Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Publik Sub Sektor Makanan dan Minuman

  • Lely Indriaty Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Pungki Reiman Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Gen Norman Thomas Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran
Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu Perusahaan Sub Sektor Barang
dan Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022. Sumber data yang
diperoleh dari website BEI (www.idx.co.id) sesuai Tahun Periode yang diteliti. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dan pengambilan data dengan purposive sampling.
Sampel data sekunder yang digunakan adalah 12 Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan secara simultan
berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh
dan signifikan terhadap Nilai perusahaan, dan sedangkan Leverage tidak berpengaruh terhadapa Nilai
Perusahaan.


Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Published
2024-03-01