Pengaruh Marketing Innovation yang memediasi Entrepreneurial Orientation terhadap Competitive Marketing Advantage dari Pelaku Usaha Wanita pada Bidang industri Fashion Surabaya

  • Althirad Immanuel Gea Telaumbanua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN1&2
  • Siti Masruroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN1&2
Keywords: marketing innovation, entrepreneurial orientation, competitive advantage, fashion industry, pelaku usaha Wanita, Surabaya

Abstract

Artikel ini dibangun di atas pandangan kapabilitas dinamis perusahaan untuk menguji peran inovasi
pemasaran dalam hubungan antara orientasi kewirausahaan dan keunggulan pemasaran kompetitif.
Pendekatan metodologi campuran digunakan dan data dikumpulkan dari 70 UKM yang dimiliki atau dikelola
oleh wanita di Surabaya. Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menguji kerangka kerja
penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi harga dan promosi memiliki hubungan yang kuat
dan positif dengan keunggulan pemasaran yang kompetitif. Penelitian ini bersifat cross-sectional. Hasilnya
mungkin akan berbeda jika penelitian ini difokuskan pada industri tertentu. Oleh karena itu, ekstrapolasi tanpa
kehati-hatian yang tepat tidak disarankan. Studi ini memberikan informasi yang berguna bagi pengusaha
perempuan tentang bagaimana menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif pemasaran ketika
sumber daya terbatas. Hasil penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang pendorong keunggulan
kompetitif pemasaran UKM yang dimiliki pengusaha perempuan dalam konteks pasar kota metropolitan.


Kata kunci : marketing innovation, entrepreneurial orientation, competitive advantage, fashion
industry, pelaku usaha Wanita, Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-01
How to Cite
Telaumbanua, A. I. G., & Masruroh, S. (2024). Pengaruh Marketing Innovation yang memediasi Entrepreneurial Orientation terhadap Competitive Marketing Advantage dari Pelaku Usaha Wanita pada Bidang industri Fashion Surabaya. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(1), 243-252. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3309