Pengaruh Daya Tarik Pesaing Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Usaha UMKM Mie Ayam I Love You di Kabupaten Tangerang dengan Lokasi Usaha sebagai Variabel Intervening

  • Rufial Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha, daya tarik pesaing, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada UMKM Mie Ayam Bakso I Love You di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode kuisioner serta sampel sebanyak 387 orang responden. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan program Lisrel 8.80, diperoleh koefisien determinasi (adjusted r-square) sebesar 0,28 artinya kontribusi variabel daya tarik pesaing, kualitas pelayanan dan lokasi usaha terhadap variabel loyalitas pelanggan sebesar 28% dan sisanya sebesar 62 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t, semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga semua variabel secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Lokasi usaha sebagai variabel yang memediasi variabel daya tarik pesaing dan kualitas pelayanan bersifat partial mediating. Uji- F diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa lokasi usaha, daya tarik pesaing, dan kualitas pelayanan secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadaployalitas pelanggan pada UMKM mie ayam bakso I Love You di Desa Cikupa, Kabupaten Tangerang.


Kata Kunci: Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Published
2024-03-01