Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja pada PT. Unilever Indonesia, Tbk

  • Elly Siti Nurliyah STIE MBI, Jakarta

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menilai kinerja perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Analisis dilakukan dengan menghitung rasio likuiditas dan rasio profitabilitas dari Laporan Keuangan Tahun 2018, 2019, dan 2020. Pada perhitungan rasio likuiditas, terdapat perhitungan current ratio, quick ratio dan cash ratio. Current ratio untuk tahun 2018, 2019, dan 2020 masing-masing sebesar 74%, 65% dan 66% Kemudian di 3 tahun yang sama, quick ratio masing-masing sebesar 50%, 47%, dan 48%. Pada perhitungan rasio profitabilitas, terdapat perhitungan NPM, ROA, dan ROE. NPM pada 3 tahun yang sama, masing-masing sebesar 9%, 17% dan 16%. Sedangkan untuk ROA masing-masing sebesar 18%, 34% dan 34%. ROE perusahaan di 3 tahun yang sama , besarannya masing-masing 49%. 134%, 143%. Dengan melihat hasil penghitungan rasio-rasio di atas, bisa dilihat bahwa kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia, Tbk di tahun 2018, 2019, dan 2020 menunjukan peningkatan di nilai ROE, dan mengalami turun naik atau tetap di rasio-rasio lainnya. Apabila dilihat dari pedoman hasil perhitungan rasio, rasio likuiditas menunjukan hasil yang kurang baik, sedangkan rasio profitabilitas menunjukan hasil yang baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-15
How to Cite
Elly Siti Nurliyah. (2023). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja pada PT. Unilever Indonesia, Tbk. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(3), 401 - 409. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i3.3577