KAJIAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF SEKTOR PERIKLANAN (ADVERTISING) DI KOTA PEKANBARU

KAJIAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF SEKTOR PERIKLANAN (ADVERTISING) DI KOTA PEKANBARU

  • SUARNI NORAWATI
Keywords: Analysis of feasibility, NPV, B / C ratio, IRR, BEP

Abstract

ABSTRAK
Penelitian dilakukan pada sektor industri kreatif periklanan di Kota
Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan prospek
pengembangan sektor industri kreatif periklanan di Pekanbaru. Penelitian ini
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden industri kreatif
periklanan industri di Pekanbaru. Sampel dari pelaku atau pemilk usaha disektor
industri kreatif yang berjumlah 32 unit bisnis dan data sekunder yang diperoleh
dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru.
Analisa data dilakukan dengan Analysis of feasibility, NPV, B / C ratio,
IRR, and BEP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri kreatif sektor
periklanan di Kota Pekanbaru layak untuk dijalankan dan sudah sangat bagus
prospek. Empat metode yang digunakan untuk kelayakan investasi dengan hasil
perhitungan NPV (Net Present Value) sebesar Rp.1706220.088. Dan Analisis
Cost Benefit (B/C ratio) dari 1,3048, IRR (Internal Rate of Return) sebesar
43,66%, Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengembalian yang lebih besar dari
tingkat yang ditentukan bunga 7,3%. Sedangkan metode Break Even Point (BEP)
tercapai pada tingkat penjualan 27.328 M2 atau Rp 651.607.543,00

Published
2018-11-19