PENGARUH RISIKO, MANFAAT DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI PEKANBARU

(STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MANDIRI)

  • Dwika Lodia Putri
  • Souvya Fithrie
Keywords: Persepsi Risiko, Manfaat, Kemudahaan Penggunaan, Kepercayaan, dan Internet Banking.

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan melakukan berbagai kegiatan, memunculkan
berbagai teknologi baru. Kemajuan teknologi yang sudah menjadi konsumsi umum masyarakat adalah internet.
Salah satu fasilitas yang diberikan bank kepada nasabah untuk mempermudah melakukan aktivitas perbankan
adalah teknologi internet banking. Nasabah dapat melakukan berbagai kegiatan perbankan hanya perlu
terhubung dengan koneksi internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko, manfaat, dan
kemudahaan penggunaan terhadap kepercayaan nasabah dalam menggunakan internet banking dengan
menggabungkan teori Technology Acceptance Model (TAM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengaruh risiko, manfaat dan kemudahaan terhadap penerimaan internet banking, yang akan
berlanjut pada kepercayaan nasabah dalam menggunakan internet banking Mandiri. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer, dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara
langsung dengan metode purposive sampling Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel persepsi risiko, persepsi manfaat (jasa pelayanan, efektifitas dan sebagainya), dan persepsi kemudahan
penggunaan teknologi, seperti mudah digunakan dalam penggunaan internet banking mempunyai pengaruh
terhadap kepercayaan nasabah dalam penggunaan internet banking.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-19
How to Cite
Putri, D. L., & Fithrie, S. (2018). PENGARUH RISIKO, MANFAAT DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI PEKANBARU: (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MANDIRI). IKRAITH-EKONOMIKA, 2(2), 21-28. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/400