Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar

Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar

  • Cicik Harini
  • Yulianeu .
Keywords: UMKM, Penetrasi Pasar, Bauran Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Abstract

ABSTRAK
Perubahan perekomian dunia yang cepat sebagai bagian dari arus globalisasi menyebabkan
persaingan yang ketat sehingga diperlukan daya saing yang tinggi agar UMKM mampu bertahan dalam
kondisi apapun seiring dengan diberlakukan pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun
2015 yang lalu. Pertumbuhan UMKM yang sangat pesat tidak diimbangi dengan kemampuan untuk
meningkatkan kinerja pemasarannya, oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat dibidang pemasaran
agar keberlanjutan usaha tetap terjaga. Penetrasi pasar merupakan salah satu startegi yang paling kecil
menanggung resiko kegagalan dalam meningkatkan kinerja pemasaran, yang dalam penelitian ini
dimediasi oleh bauran pemasaran. Namun, hasil temuan dari penelitian yang dilakukan pada UMKM Kota
Semarang menunjukan bahwa penetrasi pasar memiliki pengaruh positif yang lebih besar dan signifikan
terhadap kinerja pemasaran secara langsung daripada pengaruhnya yang dimediasi oleh bauran pemasaran.
Oleh karena itu pengelolaan strategi penetrasi pasar harus terus ditingkatkan melalui peningkatan
kebertahanan pelanggan, peningkatan penjualan pada pasar yang telah ada, meningkatkan nilai,
meningkatkan pangsa pasar telah ada, dan meningkatkan besaran pasar yang telah ada, sebagai upaya
untuk mempertahankan keberlanjutan UMKM di Kota Semarang menghadapi era pasar global Masyarakat
Ekonomia Asean (MEA).

Published
2018-11-19