Implementasi Marketing Mix di Klinik Faskes I
Abstract
Keberhasilan dari organisasi jasa seperti Klinik Faskes I memerlukan strategi pemasaran. Klinik Faskes I perlu menyiapkan koordinasi terhadap kinerja layanan kesehatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis implementasi marketing mix di klinik faskes I. Dengan menggunakan strategi Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence Process) Metodologi dalam penelitian ini menggunakan Studi Kasus. Penerapan strategi pemasaran 7P di klinik Faskes I Indonesia memerlukan pendekatan yang komprehensif dan terkoordinasi. Strategi pemasaran merupakan kumpulan alat pemasaran terkontrol yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran. Dengan menangani setiap elemen bauran pemasaran, klinik dapat meningkatkan daya saingnya, meningkatkan kepuasan pasien, dan pada akhirnya, berkontribusi pada efektivitas keseluruhan sistem perawatan kesehatan primer di Indonesia.