Pengaruh Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Marketing Kelas Xi Bisnis Ritel Smkn 1 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion terhadap Hasil Belajar siswa mata pelajaran Marketing Kelas XI Bisnis Ritel SMKN 1 Medan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian semi eksperimen. Design Eksperimen yang digunakan yaitu One Group PreTest- Posttest design dengan jumlah sampel 34 siswa. Pengambilan data melalui test hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskripitf dan analisis inferensial.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Small Group Discussion terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Marketing Kelas XI Bisnis Ritel SMKN 1 Medan dengan dibuktikan dengan nilai pada taraf signifikansi 95%. Setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (4.837 > 1.668). Dimana hal tersebut berpengaruh secara signifikan yaitu pada materi marketing . Berdasarkan hal tersebut hasil belajar siswa pada mata pelajaran Marketing siswa kelas XI Bisnis Ritel SMKN 1 Medan.