Peningkatan Daya Saing Ekspor Produk melalui Pengembangan Usaha pada UMKM di Pamulang
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus dilakukan sejalan dengan SDG (Sustainable Development Goals). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan SDG 1 yang berfokus pada pengentasan kemiskinan dan SDG 10 untuk mengatasi ketimpangan adalah meningkatkan income dari UMKM. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, peneliti melakukan optimalisasi pada mitra Sahabat UMKM Pamulang (SUP) dengan cara menggunakan media digital, khususnya Google Bisnisku sebagai media promosi dan penjualan produk. Agar kegiatan eskpor UMKM sukses, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi: (1) memiliki scan barcode resmi, (2) memiliki desain kemasan yang menarik dan komunikatif, (3) kemasan harus dilindungi Haki, (4) Berlabel halal untuk memudahkan ekspor produk dan pencarian bagi konsumen, (5) Mendapat izin edar dari BPOM, (6) Memerlukan biaya untuk promosi. Dalam kegiatan ini, peneliti membagi prosedur kerja menjadi 2 tahap: (1) memberi edukasi/sosialisasi mengenai persamaan persepsi kemasan untuk peningkatan nilai produk, (2) pemasaran dan pengiklanan produk dengan tampilan baru. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman mitra Sahabat UMKM Pamulang (SUP) mengenai daya saing ekspor produk UMKM sebesar 93%. Hal ini dibuktikan melalui data kuesioner yang disebarkan sebelum dan sesudah kegiatan abdimas. Melalui program ini, diharapkan adanya tahap pendampingan pengembangan usaha serta evaluasi seberapa jauh manfaat program ini bagi mitra Sahabat UMKM Pamulang