Pengaruh Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Juita Makdalena Aritonang, NIM 7213343015. Pengaruh Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) 2 dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2021 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 67 mahasiswa Pendidikan Bisnis kelas A dan B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data uji T menyatakan bahwa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dan Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Data uji F menyatakan bahwa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 dan Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Kemudian untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0.502 atau 50,2% sehingga dapat dikatakan bahwa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 dan Efikasi Diri mempunyai kontribusi sebesar 50,2% terhadap Kesiapan Menjadi Guru.