ANALISIS PERAN GURU SENI DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN LAGU ANAK BERTEMA ALAM UNTUK SISWA DI SDN 066056 MEDAN

  • Alan Putra Pardede Universitas Negeri Medan
Keywords: analisis peran guru, membangun karakter peduli lingkungan, lagu anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Membangun Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Lagu Anak Bertema Alam untuk Siswa di SD 066065 Medan.Jenis Penelitian ini deskriptif Kualitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 Orang Jumlah Siswa dipilih secara sampling purposiv dengan melakukan wawancara. Analisis diukur dengan Angket guru dan siswa dan Wawancara kepada guru, Hasil ini menunjukan bahwa pentingnya menjaga lingkungan. Guru merasa bahwa seni dapat membentuk karakter siswa sejak usia dini, Peran Guru yaitu, Sebagai agen perubahan, guru seni memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran seni. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga harus memasukkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran siswa. dengan memberikan dampak positif didasarkan pada gagasan bahwa seni bukan hanya sekadar ekspresi artistik itu adalah adalah alat untuk menyebarkan hal yang besar terhadap perilaku mereka. Evaluasi terhadap dampak positif ini juga tercermin dalam Angket Siswa, di mana mayoritas siswa (58 dari 60) merasa bahwa lagu bertema alam membuat mereka lebih peduli terhadap lingkungan dengan lagu Lihat Kebunku, Pelangi-Pelangi, Cublak-Cublak Suweng, Tanah Airku, dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-03-03
How to Cite
Pardede, A. P. (2025). ANALISIS PERAN GURU SENI DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN LAGU ANAK BERTEMA ALAM UNTUK SISWA DI SDN 066056 MEDAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(1), 655-665. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4821