Pengaruh Influencer Marketing , Service Features , dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Tiktok Shop Dengan Costumer Review Sebagai Variabel Moderasi

  • Alvin Susetio Universitas Prof.Dr.Hazairin SH
  • Arifah Hidayati Universitas Prof.Dr.Hazairin SH
  • Sintia Safrianti Universitas Prof.Dr.Hazairin SH
Keywords: customer review, Influencer marketing, keputusan pembelian, live streaming, service features

Abstract

Revolusi digital telah mendorong pergeseran perilaku konsumen ke arah belanja daring melalui platform e-commerce berbasis media sosial, seperti TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing, service features, dan live streaming terhadap keputusan pembelian skincare Skintific pada TikTok Shop, dengan customer review sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 mahasiswa di Kota Bengkulu. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing, service features, dan live streaming berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, customer review tidak memoderasi pengaruh ketiga variabel tersebut yang hasilnya tidak signifikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi digital marketing di era e-commerce

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Susetio, A., Hidayati, A., & Safrianti, S. (2025). Pengaruh Influencer Marketing , Service Features , dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Tiktok Shop Dengan Costumer Review Sebagai Variabel Moderasi. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 427-439. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4847