PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA/I PADA MATA PELAJARAN PERTEMUAN RAPAT DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dan Project Based Learning (PJBL) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas
XI MPLB pada mata pelajaran Pertemuan Rapat. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMK
Negeri 7 Medan dengan sampel 70 siswa dari dua kelas, XI MPLB 2 dan XI MPLB 4, yang dipilih
melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda sebanyak
20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data
meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest
dan post-test pada model PBL adalah 65,69 dan 84,03, sedangkan pada model PJBL adalah
57,75 dan 88,88. Model PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 66,06%, dan model
PJBL sebesar 79,41%. Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, baik pada PBL (8,983 > 2,030)
maupun PJBL (11,372 > 2,034), yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Kesimpulannya, kedua
model pembelajaran berbantuan audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Namun, model PJBL menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibanding PBL (88,88 > 84,03), sehingga
dinilai lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pertemuan Rapat