Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Jingkrak Makmur Rasa Medan

  • Dwianita Dwianita Politeknik Negeri Medan
  • Ulfa Erfendy Politeknik Negeri Medan
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Harga, Pelayanan Rumah Makan.

Abstract

Persaingan di sektor kuliner yang semakin sengit mengharuskan pelaku bisnis untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran di Rumah Makan Ayam Jingkrak Makmur Rasa di Medan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan konsumen untuk memahami pandangan mereka mengenai kualitas produk, harga, dan pelayanan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa rasa yang konsisten, harga yang disesuaikan untuk kalangan mahasiswa, dan pelayanan yang ramah menjadi faktor utama kepuasan pelanggan. Bila dipadukan dalam kerangka komunikasi pemasaran terpadu, ketiga faktor tersebut terbukti mampu meningkatkan loyalitas pelanggan meskipun perlu adanya perbaikan pada sistem pelayanan dan kenyamanan area makan. Penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan terhadap elemen komunikasi pemasaran untuk mempertahankan kepuasan yang bersifat dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-03-03
How to Cite
Dwianita, D., & Erfendy, U. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Ayam Jingkrak Makmur Rasa Medan. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(1), 714-721. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4921