PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning berbantuan Quizizz terhadap minat belajar dan hasil belajar di SMK Swasta Budi
Agung Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
memberikan perlakuan kepada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh
siswa kelas X MP di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2024/2025 yang berjumlah
sebanyak 69 orang, dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 35
orang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen (Quasi Experimental Design).
Dengan teknik purposive sampling, menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning berbantuan Quizizz, serta menggunakan metode pembelajaran konvesional. Untuk
mengetahui hasil belajar dari kelas sampel tersebut maka siswa diberikan tes awal (Pre-Test)
dan tes akhir (Post-Test) sebanyak 20 soal. Sebelum diberikan kepada sampel utama, tes ini
diuji terlebih dahulu untuk menilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda
soal, teknik analisa data meliputi perhitungan rata-rata hitung,uji normalitas, uji homogenitas,
serta uji hipotesis menggunakan uji independent sampel T-Test. Hasil analisis data menunjukan
bahwa kelas sampel memperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 48,65 dan post-test sebesar
65,6 setelah menerapkan model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar.
Sementara rata-rata nilai pre-test sebesar 49, 62 dan post-test sebesar 65,71 setelah menerapkan
model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar. dari hasil uji t dapat
diperoleh rata-rata Thitung sebesar 2.463 dan rata-rata Ttabel sebesar 2.030 sehingga Thitung
>Ttabel yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran project based learning berbantuan
Quizizz terhadap minat belajar dan hasil belajar dengan memperoleh rata-rata nilai minat
belajar sebesar 4.86 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 6.53