PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS X MP PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASARKEJURUAN SMKS BINA SATRIA MEDAN

  • Romasi Irmawati Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Dionisius Sihombing Universitas Negeri Medan
Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan di SMKS Bina Satria Medan, khususnya siswa kelas X MP. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan masih rendah, dengan hanya 41,93% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berdasarkan data ujian tengah semester ganjil tahun 2024/2025. Penelitian bertujuan untukmengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian terdiri dari 83 siswa kelas X MP, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Hasil menunjukkan bahwa, variabel kondisi sosial ekonomi keluarga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai t hitung 2,380 dan signifikansi 0,020 (<0,05). Semakin baik kondisi sosial ekonomi keluarga, semakin tinggi hasil belajar siswa. Variabel motivasi belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai t-hitung 2,064 dan signifikansi 0,042 (<0,05). Motivasi belajar (X2) yang tinggi berkorelasi dengan hasil belajar yang lebih baik. Secara bersamaan, kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai F sebesar 18,488 dan signifikansi 0,000 (<0,05), yang berarti hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Situmorang, R. I., & Sihombing, D. (2025). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS X MP PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASARKEJURUAN SMKS BINA SATRIA MEDAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 758-768. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4982