Analisis Implementasi Halal Value Chain Pada Produk Home Industri Perspektif Ekonomi Syariah (Pada UMKM di Kabupaten Bone)
Abstract
Artikel ini membahas masalah analisis implementasi halal value chain pada produk home industri perspektif ekonomi syariah (pada UMKM di Kabupaten Bone). Penulis mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis berkesimpulan bahwa (1) implementasi halal value chain pada produk home industry UMKM di Kabupaten Bone mencerminkan kesadaran pelaku usaha dalam menjaga kehalalan dan kualitas produk secara menyeluruh. Meskipun mayoritas belum bersertifikat halal, praktik mulai dari bahan baku, proses produksi, distribusi, hingga pemasaran telah mengikuti prinsip halalan thayyiban, menunjukkan upaya penerapan standar halal meski dengan keterbatasan dan (2) strategi peningkatan implementasi halal value chain dalam ekonomi syariah meliputi edukasi, pelatihan, dan kemudahan akses sertifikasi halal. Edukasi menambah pemahaman pelaku usaha tentang kehalalan seluruh rantai pasok, sementara pendampingan teknis, subsidi, dan sinergi antar pihak memudahkan UMKM melegitimasi usahanya dan memperluas pasar hingga tingkat nasional dan internasional