Kontribusi Orang Tua dan Guru Dalam Pengembangan Literasi Perbankan Syariah Melalui Kebiasaan Menabung (Studi Kasus SDN 27 Passippo)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Kontribusi Orang Tua dan Guru dalam Pengembangan Literasi Perbankan Syariah melalui Kebiasaan Menabung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kontribusi orang tua dan guru dalam pengembangan literasi perbankan syariah melalui kebiasaan menabung pada siswa di SDN 27 Passippo. Literasi perbankan syariah, sebagai bagian dari literasi keuangan, memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir anak terhadap pengelolaan keuangan yang berlandaskan prinsip syariah sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berkontribusi melalui pembentukan kebiasaan menabung di rumah, pemberian teladan nyata, serta pengenalan prinsip syariah dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, guru di sekolah berperan dalam memberikan edukasi literasi keuangan syariah melalui kurikulum terintegrasi, program menabung di sekolah, dan kegiatan motivasional. Kolaborasi antara orang tua dan guru terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menabung di bank syariah, sekaligus membangun pemahaman mereka tentang nilai-nilai syariah dalam pengelolaan keuangan. Studi ini merekomendasikan penguatan sinergi antara pihak sekolah, orang tua, dan lembaga perbankan syariah untuk mendukung implementasi program literasi keuangan syariah yang berkelanjutan.