Pengaruh Capital intensity dan Growth Opportunity Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh Capital intensity dan Growth Opportunity terhadap agresivitas
pajak, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Studi ini berfokus pada perusahaan
sektor Consumer Non Cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2023.
Metode kuantitatif asosiatif digunakan, dengan data sekunder dari laporan keuangan tahunan.
Sampel berjumlah 34 perusahaan (total 170 data) dipilih melalui purposive sampling. Analisis data
menggunakan regresi data panel dengan Fixed Effect Model (FEM), setelah melalui uji Chow dan
Hausman. Uji asumsi klasik juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital
intensity tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Demikian pula, Growth Opportunity juga
tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Lebih lanjut, ukuran perusahaan tidak
mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh Capital intensity maupun Growth
Opportunity terhadap agresivitas pajak. Kesimpulannya, kedua variabel independen tidak signifikan
memengaruhi agresivitas pajak, dan ukuran perusahaan tidak berperan sebagai moderasi