IMPROVING STUDENTS' READING USING SKIMMING TECHNIQUE FOR GRADE VIII SMP NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa,
khususnya dalam mengidentifikasi ide pokok dalam teks naratif, melalui penerapan teknik
skimming. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pematangsiantar dengan subjek siswa
kelas VIII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan dalam pemahaman membaca siswa setelah penerapan teknik skimming. Pada
pre-test, hanya 33,3% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),
sedangkan pada siklus kedua, sebanyak 76,6% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Hasil
ini menunjukkan bahwa teknik skimming secara efektif meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengidentifikasi ide pokok, mempercepat kecepatan membaca, serta meningkatkan
keterlibatan mereka dalam aktivitas membaca. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
teknik skimming merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman
membaca siswa sekolah menengah pertama.