PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS XI MPLB DI SMKN 7 MEDAN T.A 2024/2025

  • Candy Riana Manulang Universitas Negeri Medan
  • Tauada Silalahi Universitas Negeri Medan
Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil belajar, MPLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran model Problem
Based Learning dengan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran administrasi umum kelas XI MPLB di SMKN 7 Medan T.A
2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada dua
kelompok sampel. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling; kelas XI
MPLB 3 dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dan XI MPLB 4 dengan 34 siswa
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik dan pengujian hipotesis penelitian
didukung oleh nilai signifikansi yaitu 0.006 yang berada dibawah ambang batas 0.05. Nilai
thitung untuk uji hipotesis hasil belajar adalah 2.865 yang lebih lanjut menunjukkan efek
positif. Hasil ini mengonfirmasi bahwa model pembelajaran Problem Based Learning
dengan metode Mind Mapping secara positif mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran administrasi umum untuk siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 7 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Manulang, C. R., & Silalahi, T. (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS XI MPLB DI SMKN 7 MEDAN T.A 2024/2025. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1167-1173. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5107