Peran Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Menabung Anak-Anak Pada Usia Dini Dan Implikasinya Terhadap Kebiasaan Menabung (Studi Kasus TK Pancamarga)
Abstract
Tujuan Tk Pancamarga dalam meningkatkan minat menabung anak usia dini dimana ada peran sekolah dan guru yang sangat penting dan lingkungan yang mendukung mereka melakukan berbagai cara agar anak-anak mau menabung, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tk Pancamarga telah melakukan perogram menabung ini sudah cukup lama, Sebagai lembaga yang berfokus pada pengembangan karakter dan keterampilan dasar anak usia dini. Adapun metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penlitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisi data yang digunakan yaitu Redukasi data, penyajian data, verfikasi data dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Sekolah Tk Pancamarga memiliki peran penting dalam meningkatkan minat menabung anak usia dini TK Pancamarga dapat memanfaatkan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini untuk mengenalkan nilai-nilai positif terkait pengelolaan keuangan dengan baik, dan implikasi nya terhadap kebiasaan menabung