PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI KEBUN JERUK KRISTINA GINTING LADANG SIMPANG IMPRES BERASTAGI
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah fenomena fluktuasi jumlah pengunjung dan pembeli di Kebun Jeruk Kristina Ginting yang disebabkan oleh penurunan kualitas produk serta ketidaksesuaian harga dengan daya beli konsumen, sehingga berdampak pada menurunnya minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Sampel penelitian berjumlah 120 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 48,2%, variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 41,7%, dan secara simultan kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif serta signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 52,9%.


