PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI KEBUN JERUK KRISTINA GINTING LADANG SIMPANG IMPRES BERASTAGI

  • Nur Julaiha Universitas Negeri Medan
  • Lokot Muda Harahap Universitas Negeri Medan
Keywords: Kualitas produk, harga, minat beli konsumen

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah fenomena fluktuasi jumlah pengunjung dan pembeli di Kebun Jeruk Kristina Ginting yang disebabkan oleh penurunan kualitas produk serta ketidaksesuaian harga dengan daya beli konsumen, sehingga berdampak pada menurunnya minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Sampel penelitian berjumlah 120 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 48,2%, variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 41,7%, dan secara simultan kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif serta signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 52,9%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
How to Cite
Julaiha, N., & Harahap, L. M. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI KEBUN JERUK KRISTINA GINTING LADANG SIMPANG IMPRES BERASTAGI. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1807-1816. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5280