Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang

  • Anggun Chairunnisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI
  • Dini Amalia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI
  • Marfiani Marfiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI
Keywords: Katakunci : Harga, Keputusan Pembelian,Kualitas Pelayanan, danKualitas Produk

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 140 responden dan jumlah sampel akhir sebesar 104 responden. Data analisis menggunakan outer model, inner model, dan uji hipotesis. Novelty pada penelitian ini menggunakan aplikasi SEM SmartPLS 4.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang, dan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang, sedangkan variabel Harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang. Besarnya R-Square yang dijelaskan oleh ketiga variabel terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 84,9%. Dalam penelitian ini, variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah kualitas produk, dengan nilai F2 sebesar 0,455. Implikasi dari penelitian bagi pemilik toko saribumi untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga konsistensi serta keunggulan produk. Meskipun harga bukan faktor utama dalam keputusan pembelian, perusahaan dapat memberikan diskon tanpa mengurangi kualitas produk.

ABSTRACT
This study aims to test whether there is an effect of Service Quality, Price, and Product Quality on Purchasing Decisions for Rice at Saribumi Store, Cipinang Main Market. The sampling method uses simple random sampling method with a population of 140 respondents and a final sample size of 104 respondents. Data analysis using outer model, inner model, and hypothesis testing. Novelty in this study using the SEM SmartPLS 4.1 application. The results showed that the Service Quality variable had a positive and significant effect on the Rice Purchasing Decision of Saribumi Store in Cipinang Main Market, and the Product Quality variable had a positive and significant effect on the Rice Purchasing Decision of Saribumi Store in Cipinang Main Market, while the Price variable had no positive and significant effect on the Rice Purchasing Decision of Saribumi Store in Cipinang Main Market. The amount of R-Square explained by the three variables on Purchasing Decisions is 84.9%. In this study, the variable that has the most dominant influence is product quality, with an F2 value of 0.455. The implications of the research for saribumi shop owners are to be able to improve service quality and maintain product consistency and excellence. Although price is not a major factor in purchasing decisions, companies can provide discounts without reducing product quality.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-01
How to Cite
Chairunnisa, A., Amalia, D., & Marfiani, M. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Toko Saribumi Pasar Induk Cipinang. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(3), 230 - 236. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v8i3.5306