Representasi Transformasi Emosional dan Tanggung Jawab Sosial dalam Perjalanan Karakter Molly Gunn dalam Film Uptown Girls

  • Sheila Marischa Resmana Universitas Airlangga
  • Amara Bilqis Kinanti Universitas Airlangga
  • Erindah Dimisyqiyani Universitas Airlangga
  • Amaliyah Amaliyah Universitas Airlangga
  • Rizky Amalia Sinulingga Universitas Airlangga
  • Gagas Gayuh Aji Universitas Airlangga
Keywords: Transformasi Emosional, Tanggung Jawab Sosial, Representasi Karakter

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji representasi transformasi emosional dan tanggung jawab sosial dalam perjalanan karakter Molly Gunn dalam film Uptown Girls (2003). Fokus analisis tertuju pada bagaimana narasi dan elemen visual film menggambarkan perkembangan emosional Molly dari ketidakdewasaan menuju kedewasaan yang ditandai dengan empati dan kepedulian sosial. Pendekatan kualitatif dengan metode analisis naratif dan semiotik digunakan untuk mengidentifikasi dinamika karakter melalui adegan-adegan kunci. Penelitian ini menemukan bahwa hubungan Molly dengan Ray, seorang anak dengan trauma emosional, menjadi katalis bagi pertumbuhan emosinya, mencerminkan nilai-nilai emotional intelligence dan tanggung jawab sosial. Transformasi ini diperkuat oleh penggambaran realistis emosi melalui akting dan narasi visual, yang resonansinya
dapat memengaruhi pemahaman penonton tentang moralitas dan empati. Studi ini menegaskan peran film sebagai medium untuk merefleksikan perkembangan psikologis dan sosial individu, khususnya dalam konteks perempuan.


ABSTRACT
This study examines the representation of emotional transformation and social responsibility in the journey of Molly Gunn's character in the film Uptown Girls (2003). The focus of the analysis is on how the film's narrative and visual elements depict Molly's emotional development from immaturity to maturity, marked by empathy and social awareness. A qualitative approach using narrative and semiotic analysis methods is used to identify character dynamics through key scenes. This study finds that Molly's relationship with Ray, a child with emotional trauma, becomes a catalyst for her emotional growth, reflecting the values of emotional intelligence and social responsibility. This transformation is reinforced by the realistic portrayal of emotions through acting and visual narrative, whose resonance can influence the audience's understanding of morality and empathy. This study affirms the role of film as a medium for reflecting on individual psychological and social development, particularly in the context of women.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2026-07-06
How to Cite
Marischa Resmana, S., Bilqis Kinanti, A., Dimisyqiyani, E., Amaliyah, A., Amalia Sinulingga, R., & Gayuh Aji, G. (2026). Representasi Transformasi Emosional dan Tanggung Jawab Sosial dalam Perjalanan Karakter Molly Gunn dalam Film Uptown Girls. IKRAITH-EKONOMIKA, 9(2), 128-137. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v9i2.5454