Linking Digital Culture and Leadership to Innovative Performance: The Mediating Role of Intrinsic Motivation in the Creative Industry
Abstract
Industri kreatif di Indonesia mengalami perubahan signifikan pada tahun 2024 seiring dengan
percepatan transformasi digital yang dipicu oleh kemajuan teknologi dan pergeseran perilaku
konsumen. Namun demikian, potensi penuh dari pemanfaatan teknologi digital belum sepenuhnya
terealisasi karena sumber daya yang ada belum optimal dalam menyerap perubahan tersebut.
Kondisi ini menegaskan perlunya kajian mengenai peran motivasi intrinsik dalam mendorong
kinerja inovatif karyawan, yang difasilitasi oleh kepemimpinan digital dan budaya digital.
Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di industri digital, khususnya pada sektor
kreatif berbasis digital. Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), data
dikumpulkan dari 189 responden. Hasil penelitian menekankan peran krusial budaya digital dan
kepemimpinan digital dalam meningkatkan kinerja inovatif dalam organisasi. Studi ini
menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan
motivasi intrinsik karyawan, yang pada gilirannya mendorong munculnya perilaku inovatif.
The creative industry in Indonesia has undergone significant changes in 2024 due to rapid
digital transformation, driven by advancements in technology and shifts in consumer
behavior. However, the full potential of digital tools is not yet being realized, as current
resources have not been fully optimized to absorb these changes. This highlights the need for
a study on the role of intrinsic motivation in employees' ability to foster innovative
performance, facilitated by digital leadership and digital culture.
The research was conducted among employees working in the digital industry, specifically
within the digital-based creative sector. Using Structural Equation Modeling, data were collected from a total of 189 respondents. The study emphasizes the critical roles that digital
culture and digital leadership play in enhancing innovative performance within
organizations. It demonstrates that both factors significantly contribute to boosting intrinsic
motivation among employees, thereby encouraging innovative behaviors


