PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAHU DI UD LIRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tahu di UD Lira. Kualitas Produk merupakan ciri dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat, sedangkan Promosi ialah kegiatan menyebarkan informasi produk kepada pasar untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar dapat menerima, membeli, dan loyal kepada sebuah produk dari perusahaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh reseller aktif yang membeli dan menjual kembali produk tahu dari UD LIRA yaitu sebanyak 60 orang. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Dengan reliabilitas cronbach alpha kualitas produk sebesar 0,802, promosi 0,778,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian; (3) Terdapat pengaruh kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian.


