MODERASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DALAM HUBUNGAN PROFITABILITY DAN BOPO DENGAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2023

  • Nayla Mawaddah S. Pane Universitas Negeri Medan
  • Syahrizal Chalil Universitas Negeri Medan
Keywords: Profitabilitas, BOPO, CSR, Nilai Perusahaan, Perbankan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan BOPO terhadap nilai perusahaan, serta untuk melihat apakah Corporate Social Responsibility (CSR) dapat memoderasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019–2023. Profitabilitas diukur dengan ROA, BOPO digunakan sebagai ukuran efisiensi operasional, nilai perusahaan diproksikan dengan PBV, dan CSR diukur melalui tingkat pengungkapan berdasarkan standar GRI. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan BOPO berpengaruh negatif. Selain itu, CSR terbukti mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun tidak dapat memoderasi pengaruh BOPO terhadap nilai perusahaan. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dapat meningkatkan persepsi pasar ketika perusahaan mencatatkan kinerja keuangan yang baik, tetapi belum mampu menutupi dampak negatif dari tingginya BOPO.
Kata kunci: Profitabilitas, BOPO, CSR, Nilai Perusahaan, Perbankan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-30
How to Cite
Nayla Mawaddah S. Pane, & Syahrizal Chalil. (2025). MODERASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DALAM HUBUNGAN PROFITABILITY DAN BOPO DENGAN NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2023. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(3), 1434-1445. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5973