IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PELAKU UMKM : STUDI KASUS “CIRENG MANJA”
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis
dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor kuliner. Ditengah
persaingan usaha yang semakin ketat, penerapan etika bisnis menjadi faktor penting
dalam membangun dan mempertahankan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis implementasi etika bisnis terhadap kepercayaan konsumen pada UMKM
Cireng Manja yang berlokasi di Jl. Kapten Muchtar Basri No.116, Glugur Darat II,
Kec. Medan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian
menunjukan bahwa UMKM Cireng Manja telah menerapkan prinsip-prinsip etika
bisnis yang meliputi kejujuran dan integritas, tanggung jawab terhadap kualitas
peoduk, transparansi informasi, serta keadilan dalam pelayanan. Kepercayaan
konsumen terhadap kejujuran, keterampilan, dan benevolence bisnis dipengaruhi oleh
penerapan etika bisnis. Menurut hasil temuan, penerapan etika bisnis sangat penting
untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan serta mendukung
keberlanjutan UMKM.
Kata Kunci: Etika Bisnis, Kepercayaan Konsumen, UMKM, Cireng Manja


