PENGARUH BAURAN PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME PT. TELKOM INDONESIA, JAKARTA TIMUR

  • Aliya Aulijaa FR
  • Endang M. Sasmita
  • Bida Sari
Keywords: Bauran Promosi, Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi, harga dan kualitas
layanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome pada PT. Telkom Indonesia, Jakarta
Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak
55 responden dari pelanggan Indihome. Pengolahan data dilakukan dengan program
SPSS (Statistical Package for The Social Science) versi 20.0. Koefisien determinasi
(adjusted R square) diperoleh sebesar 0,536 artinya kontribusi variabel bauran promosi,
harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 53,6% dan sisanya
sebesar 46,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian.
Persamaan regresi berganda diperoleh ? = 9.548+0,380 X1+0,216 X2+0,206 X3.
Berdasarkan uji t , semua variabel memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga
semua variaabel secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Indihome.
Nilai F-hitung dari uji ANOVA diperoleh sebesar 21.809 lebih besar dari Ftabel(2,786)
dengan nilai signifikasi 0,000. Hal ini menunjukan bahwa bauran promosi, harga, dan
kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Indihome PT. Telkom Indonesia, Jakarta Timur.

Published
2019-11-14