https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/issue/feed Jurnal Edukasi dan Multimedia 2024-02-21T09:51:33+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Edukasi dan Multimedia merupakan jurnal Pendidikan umum yang menerima manuskrip dalam bidang Pendidikan dan Multimedia secara luas, yang terdiri multidisiplin yang berasal penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Umum serta penelitian yang terkait dengan bidang Multimedia.</p> <p>E-ISSN:&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230307321583433">2987-0178</a> P-ISSN:&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230323031297451">2986-8386</a></p> https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3569 Dampak Literasi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap Pengelolaan Keuangan Umkm Cimanggis Depok 2024-02-03T19:35:09+07:00 Jooner Rambe jooner.rambe@borobudur.ac.id Yan Irianis ian.yanis@gmail.com Dwi Eriyanto d_eriyanto@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari pengaruh literasi keuangan dan financial<br>technology (fintech) terhadap pengelolaan keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif<br>kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui googlform pada pelaku<br>usaha yang berada di Kecamatan Cimanggis Depok. Dengan respoden berjumlah 34 pelaku usaha UMKM<br>data diuji dengan bivariate pearson dan uji reliabiltas dengan cronbach alpha. Data dianalisis menggunakan<br>regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan fintech memberi dampak<br>positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan UMKM Cimanggis Depok. Semakin tinggi literasi<br>keuangan dan financial technologi akan berdampak baik dalam pengelolaan keuangan pelaku usaha UMKM<br>Cimanggis Depok.</p> 2023-10-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3570 Pelatihan Penggunaan Chatgpt Terhadap Minat Baca Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta 2024-02-03T19:35:11+07:00 Essy Malays Sari Sakti emalays67@gmail.com Marnis marnisaggrek@gmail.com Agus Herwanto herwanto@esaunggul.ac.id <p>ChatGPT merupakan aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) mengguna NLP (Natural<br>Language Processing) atau pengolah bahasa alami yang mampu merespon pertanyaan manusia dalam bentuk<br>teks. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan pada<br>bulan juni 2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan penggunaan chatGPT<br>terhadap minat baca siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. Sebelum dilakukan perhitungan dengan metode<br>statistik regresi linier sederhana, terlebih dahulu instrumen penelitian berupa kuesioner dilakukan uji validitas<br>dan uji reliabilitas, dengan populasi berjumlah 92 siswa sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian<br>memperlihat bahwa pelatihan penggunaan chatGPT mempengaruhi minat baca siswa SMA Muhammadiyah<br>1 Jakarta. Dengan nilai sig 0.000 &lt;0.05 dan nilai koefesien regresi sebesar 0.691 menunjukkan adanya<br>hubungan positif variabel x terhadap variabel y sebesar 0.691 untuk setiap satu kali perubahan variabel x.<br>Nilai R square sebesar 0.412 mengindikasikan kombinasi variabel pelatihan penggunaan chatGPT<br>berpengaruhi terhadap variabel minat baca siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta sebsar 41,2 %.</p> 2023-10-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3571 Pengaruh Pelatihan Merancang Gambar Dengan Aplikasi Autocad Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMK 2024-02-03T19:35:13+07:00 Essy Malays Sari Sakti emalays67@gmail.com Sri Ekowati P Ditaekowati246@gmail.com Tatiyani tatiyani09@gmail.com <p>Kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran. Kreativitas dapat dilatih dan<br>dikembangkan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah pelatihan merancang gambar dengan aplikasi<br>Autocad.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah pelatihan merancang gambar dengan aplikasi Autocad<br>dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa SMK. Alur penelitian dimulai dari merumuskan masalah,<br>menyiapkan instrumen penelitian dan menentukan populasi, pelatihan merancang gambar dengan aplikasi<br>autoCAD, pengumpulan data dan pengujian intrumen, analisa data dan menetukan simpulan. Berdasarkan<br>jenis data yang didapat penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan populasi dalam penelitian<br>adalah siswa SMK YAPPA kelas XI dengan sampel berjumlah 55 siswa, Intrumen penelitian menggunakan<br>kuesioner yang diberikan melalui Googleform sebagai alat pengumpul data . Data yang diperoleh dilakukan<br>uji validitas bivariate pearson dengan nilai r tabel product moment dan taraf signifikasi 5 % adalah 0.266.<br>Hasil pengujian memperlihatkan bahwa pelatihan merancang gambar menggunakan aplikasi AutoCAD<br>dapat memberi pengaruh positif pada kreativitas belajar siswa SMK . Dengan besaran koefesien regresi<br>sebesar 0.063 memberi arti bahwa bila variabel pelatihan merancang gamabr menggunakan aplikasi<br>AutoCAD meningkat sebesar 1 (satu) satuan, maka nilai kreativitas belajar siswa akan menigkat sebesar<br>0.603. dan R Square sebesar 0.396 mengindikasikan kombinasi variabel pelatihan merancang gambar<br>menggunakan aplikasi AutoCAD akan berpengaruhi terhadap variabel kreativitas belajar siswa SMK<br>YAPPA sebesar 39.6 %</p> 2023-10-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3575 Pengaruh Harga Saham, Earning Per Share, Laba Berjalan, Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Terhadap Investasi 2024-02-05T11:06:09+07:00 Sri Sungkowati sungko@borobudur.ac.id <p>Pembangunan infrastruktur sebagai program prioritas nasional merupakan pilihan logis dan strategis<br>untuk meningkatkan daya saing sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara lain. Oleh karenanya<br>masyarakat jasa konstruksi yang berdaya saing sangat penting karena perannya sebagai mitra dan pilar dalam<br>pembangunan infrastruktur. Sektor konstruksi masih dapat menjadi kontributor penggerak utama ekonomi<br>dalam negeri tahun ini. Untuk menjawab persoalan ini, maka perusahaan konstruksi perlu melakukan<br>investasi. Tujuan Penelitian untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang berkaitan dengan<br>investasi bidang konstruksi. Faktor-faktor tersebut meliputi harga saham, earning per share, laba tahun<br>berjalan, inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah, yang selanjutnya dalam penelitian ini difungsikan sebagai<br>variabel bebas yang mempengaruhi investasi bidang konstruksi PT. Total Bangun Persada Tbk yang<br>difungsikan sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode<br>regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Harga Saham, Earning Per Share, Laba<br>Tahun Berjalan, Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap<br>investasi bidang konstruksi PT. Total Bangun Persada Tbk. (2) Harga Saham, Earning Per Share, Laba Tahun<br>Berjalan, dan nilai tukar Rupiah secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap investasi bidang<br>konstruksi PT. Total Bangun Persada Tbk., sedangkan inflasi dan suku bunga secara parsial berpengaruh<br>signifikan dan negatif terhadap investasi bidang konstruksi PT. Total Bangun Persada Tbk.</p> 2023-10-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3624 Pengaruh E-Modul Kemeja Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa 2024-02-21T09:51:31+07:00 Tania Azahra taniaazahraa21@gmail.com Esty Nurbaity Arrsyi enurbaity@unj.ac.id Yeni Sesnawati ysesnawati@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh e-modul kemeja pada pembelajaran mata kuliah Busana Pria<br>yang diukur berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode<br>penelitian eksperimen, dengan Pre-Experimental Design tipe Intact-Group Comparison, menggunakan<br>teknik total sampling di mana seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana yang mengikuti kelas Busana<br>Pria pada semester 118 tahun 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan achievement test yang<br>terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal benar-salah untuk data hasil belajar mahasiswa. Data hasil<br>belajar dianalisis menggunakan t-test independent. Berdasarkan hasil achievement test dan independent ttest<br>menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran e-modul Kemeja dengan<br>materi yang dijelaskan secara step-by-step terhadap hasil belajar mahasiswa kelas Busana Pria</p> 2023-10-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/JurnalEdukasidanMultimedia/article/view/3625 Media Pembelajaran E-Modul Kemeja 2024-02-21T09:51:33+07:00 Fariskanur Zamanmulyana fariskanurzmn@gmail.com Esty Nurbaity Arrsyi enurbaity@unj.ac.id Yeni Sesnawati ysesnawati@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk e-modul materi kemeja<br>dan memperoleh penilaian kelayakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan pada proses<br>pembelajaran mata kuliah Busana Pria. Penelitian ini sekaligus sebagai wujud implementasi pemanfaatan<br>teknologi dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dengan mengembangkan media<br>pembelajaran yang dapat diakses melalui perangkat digital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah<br>Research and Development (R&amp;D) model 4D. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan karakteristik<br>modul dan elemen multimedia. Serta pendapat pengguna e-modul kemeja yaitu mahasiswa program studi<br>Pendidikan Tata Busana yang sedang mengikuti mata kuliah Busana Pria. Instrumen penilaian terdiri dari<br>instrumen berdasarkan karakteristik modul, instrumen berdasarkan elemen multimedia, dan instrumen<br>untuk mengetahui pendapat mahasiswa selaku pengguna e-modul kemeja. Media pembelajaran e-modul<br>kemeja memperoleh penilaian yang sangat baik dengan skor 93,75% berdasarkan karakteristik modul dan<br>99,31% berdasarkan elemen multimedia. Dari keseluruhan penilaian kelayakan menunjukkan bahwa emodul<br>kemeja memperoleh penilaian yang sangat layak sebagai alternatif media pembelajaran yang<br>digunakan.</p> 2023-10-25T00:00:00+07:00 Copyright (c)