Pendekatan Blue Ocean Strategi Dalam Persaingan Bisnis di Kota Semarang ( Studi Empiris : Soto Sawah Mbak Tutik )

  • Adista Bella Nur Rohmah Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Renda Aprilia Putri Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Bima Hermastho Universitas Wahid Hasyim, Semarang
Keywords: Blue Ocean Strategy, Soto Sawah Mbak Tutik, SWOT, Kuliner

Abstract

Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas yang terdapat diberbagai wilayah yang ada di
indonesia. Salah satu hidangan kuliner khas indonesia yang digemari oleh masyarakat yaitu soto.
Salah satu tempat kuliner soto di semarang yang sedang populer dikalangan masyarakat yaitu soto
sawah mba tutik. Soto sawah mba tutik ini tidak hanya menjual soto saja, tetapi menjual berbagai
macam jajanan pasar dan olahan ikan bakar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan
menganalisis penerapan metode blue ocean strategy dengan menggunakan analisis SWOT untuk
meningkatkan penjualan dan pemasaran di soto sawah mbak tutik kecamatan mijen, semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana data-data dan informasi
ini diperoleh dari wawancara (interview), observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa soto sawah mbak tutik ini menciptakan pasar baru dengan memanfaatkan
lahan yang ada, mengembangkan produktifitas warga sekitar, menjadikan media sosial sebagai
platform promosi yang menarik untuk menjangkau masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan
penjualan, menciptakan tempat yang tidak hanya menyediakan soto tetapi juga view yang indah
dan lahan bermain seperti ayunan, taman mini, dan kereta andong

Published
2024-06-27